Jumat, 24 April 2020

CARA BUDIDAYA IKAN LOUHAN

Apakah anda sering beli Louhan? Apakah anda sering ketagihan beli Louhan? Dan apakah setiap anda beli Louhan, pulang ke rumah ada sosok istri yang pegang serok siap menyambut anda? Ahaha 😂.

SEBELUM LANJUT SILAHKAN SUBSCRIBE CHANNEL FHITRA GHIFAR NURAMDHAN DI YOUTUBE KITA BAHAS DETAIL DISANA!! https://bit.ly/37prlpN 
Lalu, kenapa harus menghamburkan uang?, kenapa tidak coba saja Anda membudidayakan ikan Louhan?.

Supaya Anda lebih semangat, berikut Keuntungan budidaya ikan Louhan:

  • Dapat menghemat keuangan anda, tentunya dengan beli Louhan sedikit banyaknya mengeluarkan uang bukan? Kecuali anda barter dengan penanak nasi 😁
  • Nge-breed / mengawinkan ikan louhan mempunyai rasa kepuasan yang lebih daripada anda membeli ikan louhan.
  • Anda bisa mendapatkan keuntungan!, paling sedikit dari 1 pasangan indukan bisa menetaskan 50 ekor, dan paling banyak bisa mencapai 1000 ekor!. Diumur Louhan 2 bulan, anda bisa menjualnya. Coba bayangkan jika anda menjual 1 ekor Rp. 20.000 saja, berapa banyak keuntungan yang anda dapatkan?
Nah, cukup sekian basa-basi nya, langsung saja Bagaimana Cara Budidaya Ikan Louhan. 

1. PILIH INDUKAN BERKUALITAS

Kenapa harus memilih indukan berkualitas? Karena tidak ada bedanya ketika perawatan ikan nanti, anda akan mengeluarkan biaya perawatan yang sama, tapi hasil berbeda? Buat apa? Menghabiskan uang,  waktu, dan tenaga ! Dan tidak ada nilai jual ketika anda memilih indukan yang asal-asalan. Indukan harus berumur minimal 8 bulan, untuk jenis Kamfa minimal harus 1.5 tahun. Next kita bahas cara memilih indukan Louhan Berkualitas. 

2. PENJODOHAN
Penjodohan atau pengenalan.
Indukan jangan langsung digabung ya guys, tapi sekat dulu menggunakan sekat kaca atau bronjong  (terbuat ram kawat, saya sarankan menggunakan dari plastik untuk mencegah korosif).
Biarkan mereka berkenalan terlebih dahulu.
Penjodohan menggunakan Bronjong

Penjodohan dengan kaca sekat

3. GABUNGKAN INDUKAN
Kapan kita boleh menggabungkan indukan? Nah disaat mereka sudah birahi !. Lalu ciri-ciri birahi itu seperti apa? Ven atau kelamin female turun atau menonjol kebawah, ini menunjukan sebentar lagi akan bertelur. Ven Male biasanya tidak terlalu turun, namun masih tetap bisa anda bedakan dari biasanya ya guys. 
Ven Female Turun

4. CEK RESPON INDUKAN
Jika indukan saling serang, ada kemungkinan belum jodoh, maka anda harus mengulangi penjodohan. Namun biasanya jika Ven Female sudah benar-benar turun, dan Male sudah benar-benar birahi, mereka tidak akan saling serang. (Next pakan alami membuat indukan cepat subur dan birahi).
Indukan Belum Jodoh


5. FEMALE BERTELUR
Nah disini sebelumnya anda harus menyiapkan media bertelur, anda bisa menggunakan Cobek terbuat dari tanah liat, atau menggunakan Keramik yang dibalik. Saat Female akan bertelur, dia akan membersihkan media tersebut dengan mulutnya. Perubahan warna sisik dari cerah menjadi kehitaman adalah ciri-ciri akhir. Female pun akhirnya bertelur .


Cobek dan Keramik Terbalik

Akhirnya Female Bertelur di Media Keramik Terbalik



6. MALE MEMBUAHI
Saat kondisi ini anda wajib mematikan Filtrasi dan beralih menggunakan Aerator untuk aerasi. Kenapa? Karena dikhawatirkan sperma yang dikeluarkan oleh Male terfilterasi oleh  Filter, sehingga mengurangi kualitas sperma juga menghindari larva louhan tersedot. Jangan lupa menggunakan heater untuk menjaga suhu, atur temperatur suhu 28°C.
Male yang Luges (Lulus Gesek) akan menggesek telur dengan kelaminnya. 

7. PERSIAPAN PENETASAN

Ada 2 cara yang bisa dilakukan saat penetasan.
1. Kedua Induk Louhan dipindahkan dari Tank / akuarium. Anda tinggal menunggu telur mentas. Saya menggunakan Box Sterofoam

2. Media telur yang dipindahkan.
Untuk cara ini,  anda harus menyiapkan air yang sudah di endapkan terlebih dahulu selama 3-7 hari, dan beri garam  ikan sedikit, juga gunakan heater, sesuaikan suhu air endapan dengan suhu air di akuarium penjodohan.
Masukan media telur, dan beri aerasi. Matikan Heater ketika suhu sudah sesuai, karena dikhawatirkan telur matang karena Heater terlalu panas.

Media telur, harus diberdirikan jangan lagi di bawah, ini menghindari larva terperangkap pada jamur (dari telur yang tidak menetas), dan ketinggian air maksimal 30 cm saja.

Silahkan pilih metode 1 atau 2, karena setiap Breeder memiliki kebiasaan yang berbeda, saya sendiripun menggunakan metode ke 2.

8. TELUR MENETAS
telur akan menetas pada 2-3 hari, pada hari tersebut, telur ada yang berwarna putih susu, itu adalah telur yang tidak sukses dibuahi, dan terserang jamur.

Untuk telur yang sukses dibuahi, anda akan melihat bintik hitam pada telur, ya ! Itu adalah mata Larva ikan Louhan. Tak lama, telur yang menetas akan berjatuhan, disini mereka tidak boleh dikasih makan apapun, karena mereka masih menyimpan cadangan makanan mereka yakni kuning telur pada perutnya.
Pada Hari ke empat, anda bisa mengangkat media telur, karena sudah dapat dipastikan tidak akan ada yang menetas lagi, dan dikhawatirkan menyebabkan penyakit jamur.
Larva Louhan
Nah langkah selanjutnya kita tinggal mengetahui CARA MERAWAT LARVA LOUHAN SAMPAI MENJADI BURAYAK, klik link tersebut untuk mengetahui pakan yang baik ketika louhan berumur mulai dari 4 hari, juga cara menghindari Larva yang mati satu persatu, ini sangat penting, karena tujuan ngebreed itu adalah ikan yang hidup bukan? 😁

Cek video youtube nya  
https://youtu.be/IB4nVjr_YzU

Ok sekian dulu guys. 
Silahkan like, share, dan Bagikan. Lihat juga video

Trimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar