Senin, 01 Juni 2020

CARA MENGOBATI IKAN LOUHAN TURUN BERO


Waduh Louhan Kena Turun Bero !
Gawat! Gimana ini?

SEBELUM LANJUT SILAHKAN SUBSCRIBE CHANNEL FHITRA GHIFAR NURAMDHAN DI YOUTUBE KITA BAHAS DETAIL DISANA!! https://bit.ly/37prlpN


Louhan turun Bero


Ada salah satu penghobi ikan Louhan di Grup whatsapp yang bertanya cara mengobati louhan turun bero.


Menurut sipemilik louhan, sudah 1 minggu ini terjadi ke ikan Louhan miliknya. 
Pakan yang ia gunakan pelet, udang, dan anakan lele. Sempat ia kasih bawang putih didalam Tank / Aquarium, efeknya adalah banyak lendir yang keluar dari benjolan tersebut, dan benjolan tersebut berubah warna yang asalnya berwarna pink kemerah-merahan menjadi warna pucat.

Selain turun seperti benjolan berwarna pink kemerah-merahan tersebut, diakui si pemilik bahwa jenongnya kempes, dan warna menjadi pudar.

Kemudian saya tanyakan juga cara mengobatinya kepada suhu (sebutan bagi penghobi Louhan yang sudah dianggap Master) panggil saja beliau Koh Marli Lau, bagi penghobis ikan louhan di Bandung, siapa sih yang tak kenal dia hehe, beliau memberikan arahan seperti berikut:
  • Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang menyerang anus.
  • Puasakan  ikan terlebih dahulu selama 2-3 hari atau sampai benar-benar sembuh. Jangan dulu dikasih makan ya guys walau sedikit, sepertinya ini berguna untuk menguras isi lambung/ usus si Louhan nya guys.
  • Beri tetes obat bitu pada anus nya, ini tambahan threatmen nya.
  • Kemudian jika sudah sembuh beri makan cabek alias cacing beku sedikit saja.
  • Ganti full air
  • Tambahan: lebih bagus jika menggunakan media filter box, cuci semua peralatan, dan ganti busa filter, beri garam ikan, juga pasang Heater ya guys buat mempercepat proses penyembuhan. 
Menurut saya mungkin kena penyakit tersebut dikarenakan pakan yang berasal dari lele, apakah lele tersebut benar-benar bebas penyakit?, apakah bersih? Atau bisa juga dari udang mungkin ya? Oh ya silahkan baca juga artikel Cara memberi makan louhan dengan udang supaya bersih dan sehat ala kang Farhan Gembil (youtuber Louhan)


Mudah-mudahan louhannya cepat sembuh, dan bagi yang mempunyai kasus yang sama silahkan boleh dicoba. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar